About PKK

Informasi ini sangat formal banget bahasanya. Sengaja…… soalnya cuma mindahin tulisan dari Buku Panduan PKK yang dirangkum demikian sehingga menjadi seperti ini. Kalau mau ngrubah-ngrubah takut malah nyalahi aturan baku dari pusat. Jadinya gini nih, mungkin sedikit loncat-loncat aja dari buku aslinya….

Tapi gak papa, yang penting ada sedikit penjelasan mengenai apa itu PKK. Barangkali aja masih ada yang belum tahu tentang PKK kan. So….silahkan baca sedikit informasi berikut ini…..

Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggeraknya menuju terwujudnya keluarga bahagia, sejahtera, maju dan mandiri. Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami isteri, atau suami isteri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya. Sedangkan Keluarga sejahtera adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup mental spiritual dan fisik material yang layak, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota keluarga, antara keluarga dan masyarakat serta lingkungan.

Kesejahteraan keluarga adalah kondisi tentang terpenuhinya kebutuhan dasar manusia dari setiap anggota keluarga secara material, sosial, mental dan spiritual sehingga dpat hidup layak sebagai manusia yang bermanfaat.

Program Pokok PKK adalah program dalam memenuhi kebutuhan dasar terwujudnya kesejahteraan keluarga, yang dikenal dengan 10 Program Pokok PKK. Tim Penggerak PKK (TP PKK) adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakata, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing tingkatan untuk terlaksananya program PKK. Anggotanya terdiri dari tokoh pemuka masyarakat setempat, secara perorangan, sukarela, tidak mewakili organisasi, golongan, partai politik, lembaga atau sektor. PKK mempunyai Dewan Penyantun sebagai dewan pendukung program PKK.

Tujuan Gerakan PKK adalah untuk memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, hidup dalam suasana harmonis yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sasaran Gerakan PKK adalah keluarga di pedesaan dan perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadian dalam bidang mental spiritual meliputi sikap danperilaku sebagai insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga negara yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta fisik material, meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan.

Kelompok PKK adalah kelompok-kelompok yang berada dibawah TP PKK Desa dan Kelurahan yang dapat dibentuk berdasarkan kewilayahan atau kegiatan dan Kelompok Dasawisma.

Dalam Gerakan PKK dikenal Kader Umum adalah mereka yang telah dilatih dan memahami serta melaksanakan 10 Program Pokok PKK, mencakup pengertian dan pengetahuan tentang PKK, pengorganisasian, pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, cara-cara penyuluhan, dan cara penggerakan masyarakat yang diselenggarakan oleh TP PKK. Sedangkan Kader Khusus adalah Kader Umum yang mendapat tambahan pengetahuan dan ketrampilan tertentu yang diterimanya melalui pelatihan-pelatihan yang dilselenggarakan oleh Lembaga / Instansi Pemerintah atau Non Pemerintah.

Sampai disini, gak bingung kan? Bagi yang masih penasaran ingin tahu lebih detil lagi tentang sejarah PKK……boleh aja. Kami tulis juga kok. Coba deh buka tulisan dimaksud dengan judul yang sama. Semoga bermanfaat…..

Responses

  1. silahkan…kepada para pembaca blog ini….kami menunggu saran dan masukan untuk kemajuan PKK dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat kota Yogyakarta

  2. bundaa.. kayaknya di indonesia baru pkk jogja yang menggunakan media blog sebagai sarana informasi,
    mungkin karya-karya dan kegiatan pkk jogja bisa dipajang disini, yg inspiratif, informatif dan bermanfaat buat semuanya..
    selamat bunda, go pkk jogja go!

    • Makasih mamavino udah mau berkunjung ke Blog kami.
      Eh…masa’ sih PKK Jogja yang paling duluan manfaatin tekonologi informasi? Yah kalo bener semoga aja bisa diikuti oleh temen-temen yg lain.
      Namanya masih belajar mamavino, maklum kalo yg tampil disini belum banyak. kedepan kami akan berusaha tampilkan lebih banyak lagi berbagai aktivitas PKK Jogja.
      Semoga bermanfaat buat semua….

  3. nice blog….
    kreatif and smart…
    hidup jogja!!…hidup indonesia!!….jaya….

    • Makasih udah berkunjung di Blog kami. ini Blog merupakan hasil karya “tim kreatif”nya PKK Jogja. Idenya sih original dari Ibu Dyah Suminar selaku Ketua PKK-nya. Semoga Blog ini bisa bermanfaat buat orang banyak….minimal bisa buat berbagi cerita lah.

  4. Bravo deh sudah punya weblog
    Web PKK Surabaya kena hack orang Turki Bu…padahal setengah mati saya susun contentnya…memang yang buat web bukan saya sih..tapi saya kudu ikut update isinya…eh di-hack…jadi lagi off dulu..masa perbaikan
    Sekali lagi selamat. Dunia jadi tahu, apa yang dilakukan para Kader yang luar biasa.

    • Makasih bu wilis comment-nya….yah, ini hanyalah sebuah karya kecil untuk memberikan apresiasi pada kerja keras ibu-ibu kader pkk dimanapun berada, khususnya pkk kota jogja.
      oh iya to, blog-nya di hack?? yah…mesti bikin lagi dong. oke deh bu, kita tunggu weblog-nya. KAlau udah jadi kabari ya…

  5. Keren abiez pkk punya blog, jadi tidak katrox gitu loh, wish you one step ahead…
    Tlg dikupas abiz tentang pemanfaatan limbah. apa yang telah dikerjakan oleh PKK.Thx.

    • Makasih Mbak Nina. Ih…jadi malu, ini masih belajar kok Mbak. Alhamdulillah jika kehadiran Blog kami bisa diterima dan bisa memberikan manfaat.
      Ehm, tentang kupas abiz masalah pemanfaatan limbah akan kami pertimbangkan. Semoga dalam waktu dekat ini bisa kami wujudkan. Salam…

  6. Salam Jogja,
    ibu, saya adalah ketua rw 03 kelurahan klitren. dalam rangka hari kartini kami mengakan cerdas cermat untuk ibu-ibu. Kami membutuhkan artikel tentang pkk, paud, yandu, lansia, kb.
    apabila ibu bertkenan, kami mohon bantuan untuk mendapatkan artikel tersebut.
    atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

    • waduh..udah lewat ya acaranya. maaf kalau terlambat ngresponnya. Soalnya nih, kami disini juga lagi repot banyak acara. Mohon maaf sekali lagi kalau kami tidak bisa membantu. Tapi kalau Mas/Bapak butuh informasi seputar pkk, paud maupun yandu…silahkan datang langsung saja ke sekretariat pkk, di dalam komplek Balaikota TImoho Yogyakarta. Sampun pirso to pak kantornya.

  7. Perkenalkan, saya ketua PKK Kelurahan Wirobajan. Minta penjelasan tentang struktur pengurus pkk kelurahan yg sesuai dengan hasil rakernas terakhir/terbaru.
    Karena yg saya terima dari kecamatan, hanya contoh format buku2 administrasi pokja2, sekretaris dan bendahara. Kalau dg blog ini saya dpt info yg cepat dan benar, tentu saya akan sering buka blog ini.

    • Iya… Salam kenal juga dari kami,
      Untuk srtruktur pengurus PKK Kelurahan yang terbaru… Bisa Ibu lihat di Buku Rakernas IV PKK di Kecamatan, tepatnya terdapat di Halamn 19. Karena di setiap PKK kecamatan punya buku tersebut. Terimakasih untuk sering -sering mengu7njungi blog kami.

  8. waw saya senang sekali bisa gabung blok ini, coz bermanfaat bagt bagi saya yang menjadi TP PKK baru diwilayah saya. mohon saran dan bimbingan agar saya bisa menjalankan pkk diwilayah saya dengan baik. oya minta mars lagu pkk ya…dan tolong kirim ke email saya. makasih

    • Terimaksih atas kunjungannya.. Semoga dengan adanya Blog PKK Kota ini, kita dapat saling bertukar ilmu dan wawasan terutama dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan PKK. Untuk mars PKK, silahkan ibu lihat dalam buku Rakernas PKK yang tersedia di setiap wilayah masing-masing.

  9. kegiatan sosial yang menarik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. saya reporter acara Daya Perempuan TVRI Jakarta ingin sekali mengekspos kegiatan penitipan anak di pasar bringharjo, untuk disiarkan secara nasional. Apakah harus melalui prosedur atau kami bisa langsung datang dan syuting kegiatan di daycare?
    sukses untuk tim PKK yogya.

    • Terimakasih. Untuk kunjungan ke TPA Bringharjo anda bisa mengirimkan surat permohonan kunjungan/ peliputan kepada ketua TP PKK Kota Yogyakarta, atau kepada Ketua pengelola TPA Bringharjo. Atau anda bisa langsung menghubungi via Tlp. (0274)555044


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: