Oleh: pkkjogja | 7 Januari 2010

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes 2009

Kota Meraih Peringkat terbaik untuk Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Yogyakarta 2009

Pada Bulan Oktober sampai  Desember  telah di laksanakan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kes Tahun 2009.  Kegiatan ini di laksanakan secara serentak di 4 kabupaten dan 1 Kota di Provinsi DIY. Pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes tersebut  mengacu pada Buku Pedoman Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Tahun 2009.

Gerakan ini tumbuh dari masyarakat yang dimotori oleh PKK dan didukung oleh beberapa instansi terkait yaitu Kantor Keluarga Berencana  dan Dinas Kesehatan  yang dengan terpadu bersama-sama melaksanakan 10 Program Pokok PKK dengan memanfaatkan momentum Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Tahun 2009.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan Program KB Kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan. Dengan sasaran Langsung : Tim Pelaksana Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan di Kota Yogyakarta. Dan sasaran tidak langsung : keluarga, rumah tangga, pengelola dan petugas KB dan kesehatan di wilayah.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan secara nasional, dengan berbagai kegiatan di bidang KB, dan Kesehatan. Setiap tahun mempunyai target jelas yang disesuaikan dengan kondisi wilayah Kota Yogyakarta sehingga bisa bersinergi dengan kegiatan lain dan mempunyai kontribusi nyata terhadap pembangunan wilayah.

Monitoring kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kes 2009 tingkat Provinsi, untuk wilayah Kota di laksanakan pada Tanggal 7 Desember 2009, tepatnya di RW 07 kelurahan Wirogunan Kecamatan Mergangsan. Acara di mulai pada jam 08.30 dengan sambutan dari Bapak Walikota Yogyakarta Herry Zudianto kepada Tim Monitoring dari Provinsi. Pada hari tersebut di laksanakan penilaian oleh Tim Monitoring dari Di Tingkat Provinsi, untuk 4 bidang kegiatan di wilayah kota.

Hasilnya, wilayah Kota Yogyakarta berhasil meraih predikat terbaik/ Peringkat I untuk beberapa bidang kegiatan  yang di lombakan. Antara Lain:

  1. Peringkat terbaik I untuk pelaksanaan bidang Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tahun 2009
  2. Peringkat Terbaik I untuk bidang kegiatan Pengelola Posyandu
  3. Peringkat Terbaik I untuk bidang kegiatan Pengelola PHBS dalam Rumah Tangga
  4. Peringkat Terbaik II untuk bidang kegiatan Lingkungan Bersih dan Sehat.

Prestasi tersebut tidak akan tercapai, apabila tidak ada koordinasi yang baik antara masyarakat, TP PKK, Dinkes dan Kantor KB dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat memberikan kontribusi nyata bagi wilayah masing-masing. (NuruL)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: