Oleh: pkkjogja | 25 Desember 2009

TPA Praba Dharma….

Tempat Penitipan Anak di Komplek Balaikota…..

Anak merupakan anugrah yang perlu di jaga dan di rawat dengan baik. Sudah menjadi kewajiban orang tua  untuk memberikan pengasuhan dan pendidikan yang terbaik kepada anak, terutama pada masa usia dini. Perawatan, pengasuhan, perlindungan dan pendidikan bagi anak usia dini merupakan kebutuhan mendasar yang perlu mendapat perhatian. Usia dini merupakan masa emas dalam perkembangan manusia, karena pada masa ini terjadi perkembangan yang paling cepat dan mendasar dalam aspek fisik, mental, sosial maupun spiritual. Pada usia ini mulai dibentuk dan diperluas perkembangan kompetensi baik kognitif, emosi, maupun sosial yang yang penting bagi kepribadian anak selanjutnya.

Pemberian stimulasi dan pola asuh yang memadai memberikan peranan yang sangat besar pada masa ini. Kegagalan dalam perawatan, pengasuhan, perlindungan dan pendidikan bagi anak usia dini akan menyebabkan terhambatnya proses tumbuh kembang anak sehingga akan menurunkan kualitas sumber daya manusia sebagai asset dan potensi kesejahteraan bangsa dimasa depan.

Perubahan sosial budaya yang terjadi dalam kehidupan masyarakat menyebabkan terjadinya pergeseran pola pikir dan perilaku termasuk dikalangan wanita yang tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga tetapi juga sebagai  ibu bekerja. Ibu tidak lagi hanya berfungsi sebagai pendamping suami dan pengasuh anak, tetapi juga berfungsi sebagai pencari nafkah, membantu suami memenuhi kebutuhan keluarga. Hal tersebut menyebabkan anak harus berpisah dengan ibunya sementara waktu.

Disamping itu tuntutan terhadap pengembangan kualitas pola asuh menumbuhkan kesadaran orang tua akan pentingnya stimulasi perkembangan anak sejak dini, mendorong para orangtua baik yang bekerja maupun yang tidak untuk mencari lembaga yang dapat memberikan pelayanan yang bersifat komprehensive dan holistic yang mencakup : interaksi sosial, perawatan, pengasuhan, pelayanan kesehatan, nutrisi stimulasi interaktif edukatif dan bimbingan pengasuhan anak bagi orang tua/good parenting.

Kehadiran Taman Penitipan Anak (TPA) sebagai lembaga pelayanan sosial pengganti saat ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya bagi karyawan yang bekerja dilingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, mengingat hal tersebut maka Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Yogyakarta telah mendirikan sebuah TPA di Komplek Balaikota Yogyakarta, yaitu TPA  Praba Dharma.

TPA  Praba Dharma  yang berlokasi di komplek Balaikota, tepatnya di sebelah selatan  Kantor Humas Kota Yogyakarta saat ini sudah mulai beroperasi. Pada tanggal 13 Januari 2010 TPA Praba Dharma akan resmi di buka oleh Bapak Walikota Herry Zudianto, pada pukul 08.30 pagi di lokasi. Sesuai ijin dan restu Bapak Walikota Yogyakarta, penyelenggaraan kegiatan Taman Penitipan Anak Praba Dharma menempati gedung sebelah selatan Kantor Humas yang terletak di Komplek Balaikota Jl. Kenari No. 56  Yogyakarta, Telp 515866 psw 256.

Saat ini jumlah anak yang dititipkan rata-rata per hari  8-12 anak, yang merupakan anak-anak dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di Kantor Balai Kota. Sosialisasi kepada para pegawai yang mempunyai anak usia dini pun masih terus di lakukan…. agar keberadaan TPA tersebut bisa semaksimal mungkin di ketahui dan memberikan solusi bagi  para pegawai yang berada di lingkungan Pemkot Yogyakarta, yang mempunyai anak usia 2-6 tahun.

Program kegiatan Bermain dan Belajar

Kegiatan belajar di TPA dilakukan melalui bermain. Dengan mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan, perkembangan anak akan lebih maksimal baik secara fisik, emosi, kognisi dan sosialnya. Adapun materi  kegiatan pembelajaran yaitu  metode BCCT ( Beyond Centers and Circle Time ) dengan menggunakan sentra-sentra sebagai tempat belajar dan bermain (Sentra Persiapan, Sentra Peran, Sentra Balok, Sentra Alam, Sentra Seni dan Sentra Imtaq). Adapun Program pendukung yaitu minitrip ke tempat yang dapat dijadikan sumber belajar anak (disekitar TPA), berkebun,  jumpa tokoh (profesi), senam  dan juga menari Parenting Education, Outbond Activity, Pengenalan Budaya Daerah, Pengenalan Bahasa Asing.

Fasilitas TPA Praba Dharma


Adapun fasilitas yang di sediakan di TPA Praba Dharma antara lain sebagai berikut:

–    Ruang Tidur dengan perlengkapannya.

–    Ruang Belajar anak

–    Ruang perpustakaan dan ruang bermain

–    Sarana permainan yang edukatif didalam dan diluar

–    Pemeriksaan kesehatan umum dan gigi (kerjasama dengan PUSKESMAS)

–    Penyediaan makanan yang bergizi dan bervariasi

–    Pendidik dan pengasuh anak yang sudah berpengalaman

–    Belajar dan bermain di dalam Sentra (Sentra Persiapan, Sentra Peran, Sentra Balok, Sentra Alam dan Sentra Imtaq)

Dengan fasilitas, tenaga pendidik dan pengasuh anak yang cukup memadai…. serta program kegiatan belajar dan bermain anak yang sudah sesuai dengan tumbuh kembang anak usia dini, maka para pegawai di Lingkungan Pemkot Yogyakarta tidak  perlu khawatir untuk menitipkan putra-putri  di TPA tersebut, dan dapat tetap bekerja.  Karena apabila anak dalam pengasuhan yang aman dan benar, maka orangtua pun dapat bekerja dengan tenang dan maksimal…..

<NuruL>


Responses

  1. selamat untuk pengurus Dharma wanita persatuan kota Yogyakarta,yang telah mampu membuat monumen kecil untuk mencerdaskan anak anak berupa TPA Praba Dharma yang berarti …Sinar /Cahaya dr Dharmawanita..
    maju dan berkarya terus….inilah bentuk konkrit pengabdian Dharma wanita persatuan…

  2. kepada PNS dilingkungan Balaikota….silahkan menitipkan putra putri tercintanya…di TPA.
    Sesuai dengan dimulainya jam kerja hingga sore hari….putra putri bisa dititipkan….dan rekan rekan PNS maksimal bekerjanya,karena anak anak dijamin…terawat,terdidik dan aman.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: