Oleh: pkkjogja | 30 September 2009

Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan

Ketua Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Yogyakarta, Ibu Hj. Dyah Suminar, SE melantik  5 Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan. Pelantikan ini dilakukan di Gedung PKK, Jl. Kenari 56 Yogyakarta pada  Selasa (15/9). Adapun Ketua TP PKK yang di lantik pada kesempatan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kec  TEGALREJO : Ibu Sri Handayani Ari S dari  kec Gondokusuman
  2. Kec  MANTRIJERON : Ibu Rumiyati Andi S dari  kec Kraton
  3. Kec  NGAMPILAN : Ibu Widiastuti Darajat ( Baru)
  4. Kec  GONDOKUSUMAN : Ibu Syam Arjanti dari  Kec Ngampilan
  5. Kec  KRATON : Ibu Hesti Yuniarno dari Kec  Tegalrejo

Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan  ini dilaksanakan  sehubungan dengan perubahan  dalam suatu jabatan, serta perpindahan  ke instansi/ wilayah lain pada Camat di Kota Yogyakarta. Hal merupakan sesuatu yang wajar dalam sebuah instansi. Pergeseran pejabat ke instansi/ wilayah baru ini tentunya juga disertai dengan pendamping atau istri yang nantinya akan menjadi ketua TP PKK di  wilayah yang baru. Pada kesempatan tersebut juga di berikan penghargaan setinggi-tingginya serta pelepasan jabatan kepada Ibu Yusrini Dirsyam, karena sudah habis masa jabatannya sebagai Ketua TP PKK Kec Mantrijeron.

pkk3Tugas para pengurus yang dilantik ini, bersama pengurus lain nantinya akan  merencanakan, melaksanakan, membina program-program kerja PKK  sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat. Menghimpun, menggerakkan dan  membina potensi masyarakat  khususnya keluarga agar terlaksananya program-program PKK.  Mengadaakan supervisi, evaluasi dan monitoring  terhadap pelaksanaan Program PKK  sesuai dengan ketentuan dan rambu-rambu dan ketentuan lain yang berlaku.

PKK1Karena PKK sebagai mitra pemerintah, dengan adanya kader di masyarakat sampai saat ini kegiatan PKK masih berjalan dengan baik.  Kemitraan TP PKK Kota Yogyakarta dengan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui instansi terkait sudah sangat baik. Beberapa keberhasilan yang telah dicapai oleh TP. PKK  Kota Yogyakarta diantaranya telah terbentuknya Kost Crisis Center dengan program utama  Sapa Anak Kos termasuk penanganan penanggulangan narkoba dan seks bebas.

PKK2Selain itu pembentukan Mitra Keluarga, yang pada tahun 2009 ini di targetkan  dapat di bentuk di 14 Kecamatan di Kota Yogyakarta,  dirasakan  sangat bermanfaat dalam membantu warga masyarakat terutama kaum perempuan dan anak-anak yang memiliki permasalahan keluarga, seperti perlakukan tindak kekerasan  dan lain-lain.

Prestasi lain yang yang juga menjadi kebaggaan adalah program PAUD  dengan Tempat Penitipan Anak, Kelompok bermain  dengan Satuan Paud Sejenis (SPS) yang terintegrasi dengan Posyandu dan telah tersebar ke seluruh kelurahan yang ada di kota Yogyakarta. Tempat Penitipan Anak yang sudah berjalan baik saat ini adalah TPA Beringharjo (selengkapnya, baca tulisan edisi 19 Januari 2009 )

Bahkan  pada akhir tahun 2009 ini, direncanakan  akan di launching Tempat Penitipan Anak Balaikota (TPA Balaikota) yang merupakan ide/gagasan dari Ibu Hj.Dyah Suminar selaku Ketua TP PKK Kota Yogyakarta. TPA Balikota khusus di sediakan untuk kalangan pegawai pemkot  yang ingin menitipkan putra-putrinya  di TPA,  dengan tujuan  agar dapat menjalankan tugas dan bekerja dengan tenang, dan anak tetap aman dan nyaman.

Prestasi lain yang membanggakan adalah pada saat Kota Yogyakarta menerima penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, pengharagaan ini berupa penghargaan Kabupaten/ Kota Layak Anak. Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan RI Prof Dr Meutia Hatta Swasono, diterima oleh Walikota Yogyakarta, H Herry Zudianto pada Peringatan Hari Anak Nasional 2009 di Hall Rama Shinta Dunia Fantasi Ancol Jakarta, Kamis (23/7).

Hal itu  merupakan wujud nyata dari upaya dan kerjasama antara  PKK Kota Yogyakarta  dengan Pemerintah Kota  dalam mewujudkan Kota Yogyakarta yang memberikan  lingkungan serta fasilitas yang layak bagi anak untuk berkembang pada masa yang akan datang. Dengan demikian,  peran serta  Pengurus TP PKK di wilayah  sangat penting sekali, dalam mewujudkan Kota Pendidikan yang berkualitas, lingkungan yang berbudaya, serta  masyarakat yang sehat dan  sejahtera.

(Nurul)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: