Oleh: pkkjogja | 29 Juli 2009

Out Bond Kader Lansia 2009

Kader lansia mengikuti kegiatan out bond???  pernah terbayang gak….??

Eiiit… jangan salah yaa… biarpun  sudah di katakan Lansia, tapi semua kader yang mengikuti  out bond ini  masih semangat dan sehat-sehat semuanya…. Ikuti  saja  liputan dari tim sekretariat berikut ini, saat kegiatan berlangsung….

Dengan tema kegiatan “Ayo  kita Wujudkan Lasia Sehat, Mandiri, dan Agamis” acara out bond kader lansia se-kota Yogyakarta  di laksanakan pada tanggal 28 Juli 2009 dan di mulai pukul 08.30 WIB tepat.  Diikuti  oleh  108  kader  lansia  yang berasal dari 14 kecamatan di kota Yogyakarta,  acara  pembukaan  berlangsung sangat  meriah sekali.  Setelah  acara  tersebut  resmi di buka oleh Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Ibu Hj. Tri Kirana Muslidatun,  kemudian para kader lansia bersama-sama menyanyikan lagu mars lansia  dengan bersemangat.

lansia copy

Setelah itu, para  kader  lansia ini  di bagi menjadi beberapa  kelompok dan setiap kelompok  harus  menunjuk satu orang kader sebagai ketua  kelompok, untuk  memimpin pada  beberapa  permainan selanjutnya.  Pada tiap  kelompok, juga  di wajibkan untuk membuat yel-yel yang  bertujuan  untuk menambah semangat  dan  keceriaan  para peserta. Hmmm… kalau  sudah  seperti ini, para  kader ini  tidak terlihat seperti lansia  lagi yaa… habis, semangatnya gak kalah  sama kader-kader  yang masih muda sih…. salut deh…

Untitled-1 copySelanjutnya  para  peserta out bond ini, di  beri tugas untuk  berbaris  untuk berjalan sambil mengapit  sebuah balon  atara peserta, menuju ke lapangan  yang berada  di halaman depan  komplek balaikota. Tujuan  dari session ini, adalah  melatih  kekompakan  antar sesama  kader lansia  dengan  menjaga   agar balon yang  di bawa  tidak jatuh  ataupun meletus.. Waah…wah.. sepertinya butuh perjuangan juga ya…:roll:

Kemudian  permainan selanjutnya bertujuan untuk  melatih kerjasama  antar  kader  lansia… yakni, dengan menggunakan hola hop yang harus di lewati oleh semua peserta  dengan  posisi  saling bergandengan  tangan ke belakang. waah…. kira-kira  ada yang (maaf ) kentut gak ya… eyang-eyang ini…… :roll: hi..hi…  Beberapa kader  tampaknya  agak  kesulitan untuk memasukkan  tubuhnya  melewati hola hop, maklum…. namanya lansia, mungkin badannya sudah  tidak cekatan dan elastis  seperti  saat muda dulu.. tapi, tetep saja  semangaattt……

Lansia lapSetelah  itu, para peserta out bond ini  duduk  melingkar, masing-masing di beri secarik kertas dan spidol  kemudian di beri instruksi  untuk menuliskan  doa dan harapan  masing-masing. Setelah selesai menulis doa, setiap peserta melipat kertas  dan bersiap-siap untuk bernyanyi… sambil saling menukarkan  kertas tersebut kepada peserta lain untuk di bacakan, isi dari doa yang telah di tulis. Satu persatu  kertas  yang telah di terima  dari peserta  lainnya, dibuka kemudian di bacakan.

Dan ternyata, setiap  kader lansia ini rata-rata  mempunyai doa yang sama, yakni di beri kesehatan yang baik, di berikan keselamatan di dunia dan akhirat, dan yang  paling penting… dapat menjadi seorang lansia  yang masih berguna dan tetap bisa berkarya. Waaahh…. sungguh mengesankan.

Menjelang pukul 12.00 siang, para peserta out bond  melakukan senam otak  yang di pimpin oleh  Ibu  Wawiek, salah satu pengurus Pokja III TP PKK Kota  dan  berlangsung sangat  meriah  dan seru. Senam otak  ini bertujuan  untuk melatih  otak  agar tidak  cepat pikun.  Kepikunan  yang  sering  menyerang kaum lansia ternyata bisa dicegah dengan senam otak. Senam sederhana ini menggerakan saraf-saraf di seluruh tubuh yang tersambung dengan saraf otak dan mengaktifkannnya. Kepikunan terjadi karena fungsi otak  sudah mulai  menurun  seiring  dengan  mengeriputnya kulit dan makin mengecilnya volume otak. Dengan melakukan senam otak, akan memperlambat pengecilan volume, dan akan mencegah kepikunan dini.

snam lansia copy

Setelah  Istirahat  dan makan siang selesai, para  peserta  melanjutkan beberapa permainan lagi. Meskipun cuaca panas  dan  gerah, tapi  para  kader tetap bersemangat  dalam mengikuti out bond ini.  Dan akhirnya pada pukul 13.30  WIB acara  Out Bond Lansia Kota Yogyakarta pun selesai.

Tampak  rasa  lelah  pada  wajah kader-kader lansia yang mengikuti out bond kali ini. Akan tetapi  mereka  juga sangat  senang  dan  bersemangat  dalam mengikuti  setiap session permainan.

Out bond kader lansia  yang di selenggarakan  pada  kali ini, adalah kegiatan  yang menjadi  progam  kerja  Pokja I TP PKK Kota Yogyakarta. Tujuan  dari  kegiatan ini  antara lain adalah untuk mewujudkan kader  lansia  yang sehat, aktif,  serta  mandiri dalam  melaksanakan berbagai kegiatan untuk lansia. Dan yang paling utama, adalah menjadikan  lansia  semakin  sehat, mandiri  dan  dapat tetap  berkarya  di saat  usia  yang semakin senja. Setujuuuu…?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: