Oleh: pkkjogja | 20 April 2009

Lubang Resapan Biopori…

Masih tentang Lingkungan niihhh…

Di daerah perkotaan.. sudah jarang sekali ya.. kita jumpai halaman rumah yang masih berupa tanah, karena konblokisasi sudah kita temui di setiap tempat. Wah… boro-boro tanah, letak tiap rumah di kampung-kampung saja sudah amat sangat berdekatan, sehingga tidak ada lagi sisa tanah untuk di jadikan halaman…

Padahal…. sebenarnya penting sekali loo halaman bagi tiap-tiap rumah di perkotaan. Antara lain sebagai sarana untuk menanam berbagai tanaman dan pohon-pohon yang bisa membuat sejuk, di sekitar rumah. Dan…tanah juga berfungsi sebagai penyerapan air di kala musim hujan tiba, saat kondisi air sedang melimpah. Karna kalau sampai air menggenang dan tidak dapat diserap oleh tanah, biasanya akan di gunakan oleh nyamuk sebagai tempat bersarang yang nyaman ( sumber Demam Berdarah Dengue, Malaria, dan Kaki Gajah. ) Dan dalam jumlah yang banyak bisa menimbulkan banjir.

Saat musim kering tiba, di harapkan tanah masih menyimpan air cadangan untuk mengurangi penguapan. Karena apabila kandungan air tanah rendah dan curah hujan rendah, bisa dipastikan akan terjadi kekeringan, kelembaban air tanah berkurang dan tanah akanmenjadi retak dan tidak subur sehingga sulit untuk di tanami. bukan hanya sulit ditanami, bahkan,,, dalam jangka waktu yang lama tanah bisa ambles… wah…ngeri juga yak..😦

Hmmm… trus gimana ya..??? Kasih solusi dong Bu PKK….

Menyikapi hal tersebut… Ibu-ibu di TP PKK Kota (khususnya Pokja III) bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup ( BLH ) kemudian berupaya mencari solusi yang tepat, efektif, dan cerdas… untuk mengatasinya. Dan memang di tahun 2009 ini program dari Pemerintah Kota Yogyakarta dan Badan Lingkungan Hidup adalah mengatasi masalah pembuangan sampah dan penghijauan, salah satunya yakni dengan sosialisasi Biopori dan pengolahan sampah mandiri.

Lubang Resapan Biopori

Apaan tuuuhh…??

bio-blog1Lubang Resapan Biopori adalah teknologi tepat guna dan ramah lingkungan yang berfungsi untuk mengurangi banjir dan genangan air di permukaan tanah, dengan memanfaatkan sampah organik yang di ubah menjadi kompos sehingga bisa meningkatkan daya resapan air dan humus dalam tanah.

bioblog2-copy3Biopori berbentuk lubang silindris yang dibuat ke dalam tanah dengan diameter 10–30cm. dengan kedalaman sekitar 100 cm atau.. jangan melebihi kedalaman muka air tanah. Lubang kemudian diisi dengan sampah organik (bisa memanfaatkan sampah di sekitar rumah kita dan sampah dapur… jadi, ibu-ibu ga perlu bingung harus buang sampah dapur ke mana…. karena masih bisa di manfaatkan lagi ya… tapi ingat… hanya sampah organik saja Looo…🙂 ) untuk mendorong terbentuknya biopori atau pori berbentuk liang (terowongan kecil ) yang di bentuk oleh aktifitas fauna tanah atau akar tanaman.

Adapun sedikit mengenai pembuatan Lubang Resapan Biopori, antara lain:

1. Buat lubang silindris ke dalam tanah dengan diameter 11,5 dan kedalaman 100 cm. jangan sampai melampaui kedalaman air tanah. Jarak antar lubang 50 – 100 cm.

2. Mulut lubang di perkuat dengan adukan semen selebar 2-3 cm setebal 2 cm. Bisa juga di perkuat dengan memasang casing seperti pada dambar di atas.

3. Segera isi lubang LRB dengan sampah organik yang berasal dari sisa tanaman yang dihasilkan dari dedaunan pohon, pangkasan rumput dari halaman, atau sampah sisa dapur.

4. Apabila sampah dalam lubang tsersebut mulai menyusut karna pelapukan, segera tambahi dengan sampah organik lagi.

5. Pada akhir musim kemarau, kompos yang di hasilkan dalam lubang tersebut bisa di ambil.

Dan.. ternyata manfaat biopori tu banyak banget… antara lain:

1. Memelihara cadangan air tanah.

2. Mencegah terjadinya keretakan dan kerusakan tanah ( mencegah tanah ambles)

3. Menghambat intrusi air laut

4. Mengubah sampah organik menjadi kompos

5. Meningkatkan kesuburan tanah

6. Menjaga keanekaragaman hayati dalam tanah

7. Mengatasi masalah yang di timbulkan oleh adanya genangan air seperti demam berdarah, malaria, kaki gajah

8. Mengurangi masalah pembuangan sampah yang sering sekali mencemari lingkungan, baik udara maupun air…

9. Mengurangi emisi gas rumah kaca ( CO2 dan Metan )

10. Menghindari banjir, tanah longsor dan kekeringan.

Saat ini…

Kegiatan ibu-ibu PKK Kota khususnya Pokja III dalam rangka ikut mensosialisasikan Biopori sangat banyak sekali, antara lain dengan ikut aktif menjadi Tim Soialisasi Biopori yang di bentuk Badan Lingkungan Hidup (BLH ) dan TP PKK Kota, ke wilayah-wilayah di 14 kecamatan dan 45 Kelurahan se Kota Yogyakarta. Adapun Tim sosialisasi Berjumlah 4 Tim ( terdiri dari 5 orang, dari Badan Lingkungan Hidup dan TP PKK Kota Yogyakarta ) yang bertugas mensosialisasikan tentang tatacara, pembuatan dan manfaat Biopori, ke wilayah masing-masing yang sudah di tentukan…

ckckckck…. saluuttt…buat ibu-ibu TP PKK Kota Yogyakarta. Demi menjaga linkungan Kota Yogyakarta yang indah ini selalu nyaman dan sehat, ibu-ibu ini ga pernah kehabisan cara N semangat yaa….,, Terus saja mensosialisasikan hal-hal baru ya bu…. agar Kota Yogyakarta selalu Indah dan Sehat untuk kita tempati. Semoga aja, warga yang lain juga ikut-ikutan yaa…😉

Cukup mudah dan murah kan?? Ayooo… makannya,,,mulai buat lubang biopori di halaman sekitar rumah kita. Agar Kota Yogyakarta ini semakin Sehat dan Indah. Atau, untuk lebih jelasnya, bagaimana cara pembuatan Lubang Resapan Biopori, klik aja di www.bioporijogja.wordpress.com. Selamat mencoba yaa…..😉


Responses

  1. ada sedikit kekuatiran
    jangan2 biopori bisa jadi sarang ular
    hiiiiiiiiiiiiiii!
    beralasan nggak kekuatiran ini?

    • wah…wah…njenengan itu kok ya ada-ada saja. saya rasa gak mungkin ular mau bersarang disana, wong lubang resapan boiopori kan berisi sampah yang bau sekali. Jadi gak mungkin ada ular mau bersarang disana, kecuali ular nyasar. Lagi pula lubang resapan kan arahnya vertikal, sangat tidak nyaman buat bergelung ular.

      semoga penjelsan ini bisa menghilangkan kekhawatiran mas yusuf. matur nuwun.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: